Minggu, 26 Mei 2013

Cara Mengkonsumsi Madu

Madu sudah dikenal manusia sejak lama karena manfaat madu sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh kita. Di Indonesia, minum madu merupakan kebiasaan baik yang dilakukan secara turun-temurun. Tetapi informasi mengenai bagaimana cara mengkonsumsi madu yang tepat belum banyak diketahui. Diskusi seputar madu masih seputar tema lama yaitu madu asli vs madu palsu, itu pun masih didominasi oleh mitos yang keliru, entah semut, korek api, kertas koran, kulkas dan lainnya.


Ada baiknya jika minum madu dilakukan saat perut kosong. Bisa sebelum makan, atau beberapa jam setelah makan. Bagi anak-anak, terkadang mengkonsumsi madu sebelum makan akan menghadirkan rasa kenyang, hal ini membuat anak enggan makan, atau makanan yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit. Kalau seperti itu keadaannya, berilah madu pada anak tersebut beberapa jam setelah makan.

Madu mengandung mineral, vitamin, enzim dan lain sebagainya. Enzim di dalam madu akan rusak apabila madu dipanaskan pada suhu 60 derajat Celcius ke atas. Bagaimana dengan vitaminnya? Padahal enzim merupakan sejenis protein yang diperlukan untuk berlangsungnya berbagai proses biokimiawi di dalam tubuh. Salah satu ciri madu yang asli adalah enzim, madu mengandung enzim. Jadi, minum madu boleh dicampur ke dalam segelas air hangat atau air dingin.

Minum madu dengan mencampurkan ke dalam segelas air hangat akan lebih baik, kenapa? Kalau dicampur air hangat, hanya dibutuhkan waktu tujuh menit saja sehingga dapat bercampur ke dalam sirkulasi darah. Kalau dicampur dengan air dingin? Dibutuhkan waktu 20 menit, lebih lama kan?

Sumber :  @ GudangMadu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar